Sabtu, 01 Oktober 2011

Perbedaan Shared Hosting,VPS,Dedicated Server, dan Colocalion


  • Shared Hosting
    Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting di mana beberapa akun hosting berada pada server yang sama dan menggunakan service secara bersama-sama pula. Shared hosting juga dikenal dengan nama virtual hosting service dan derive host. Setiap situs berada dalam partisi/bagian tersindiri, hal ini untuk tetap terpisahkan dari situs lain. Shared hosting tergolong hosting ekonomis karena setiap klien berbagi biaya atas keseluruhan biaya pemeliharaan atau maintenence server. Oleh sebab itu, shared hosting harganya relatif terjangkau alias murah. Kelemahan menggunakan shared hosting adalah tingkat privasi dan performa yang kurang.VPS
  • (Virtual Private Server)
Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah metode untik mempartisi atau membagi sumber daya / resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama).Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpananan.
Teknologi yang digunakan dalam layanan VPS tersebut adalah teknologi virtualisasi. Rumahweb memilih untuk menggunakan platform teknologi virtualisasi XEN Hypervisor karena XEN Hypervisor dipandang unggul dibandingkan teknologi virtualisasi yang lain di antaranya karena :  XEN memiliki Swap Space seperti halnya server linux biasa Kontrol yang lebih besar terhadap VPS, diantaranya Anda dapat mengkonfigurasi firewall / iptables secara fleksibel Loadable Kernel Modules Akses ke console untuk troubleshooting Dalam teknologi hosting, fitur - fitur VPS yang seperti layaknya sebuah dedicated server menjadikannya teknologi perantara yang paling fleksibel antara shared hosting dan dedicated server.
  • Dedicated Hosting

    Dedicated Hosting adalah sebuah layanan hosting di mana satu akun hosting atau satu klien menggunakan satu server dan tidak dibagi-bagikan kepada pihak ketiga. Dedicated hosting memiliki tingkat privasi dan perfoma yang lebih baik dari shared hosting. Kelemahan menggunakan dedicated hosting adalah harga yang relatif lebih mahal, karena keseluruhan biaya pemeliharaan atau maintenence ditanggung sendirian.
  • Co location
    Co location adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.
    Colocation Server adalah server yang dititipkan disuatu tempat dimana penyewa tempat tersebut membutuhkan keamanan, kestabilan arus listrik, dan juga kestabilan akses internet. Server tersebut bisa dipergunakan untuk apa saja sesuai dengan kebutuhan dari penyewa tempat tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar